Kamis, 07 November 2013

Pengertian NKRI



Menurut UUD 1945 Pasal 1 ayat 1, Negara indoneisa adalah negara kesatuan berbentuk republik. Selanjutnya, negara Indonesia dikenal dengan nama Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Berdasarkan kondisi negara yang dicita-citakan, unsur religiusitas negara menunjukkan kepercayaan bangsa terhadap Tuhannya, sehingga budi pekerti dan caita-cita moral rakyat yang luhur wajib dipegang teguh.

Teori bernegara bangsa Indonesia dilakukan dengan mengaitkan hal-hal yang umum (universal) dengan hal-hal yang khusus pada nilai-nilai luhur adat dan budaya bangsa Indonesia sendiri. persamaan nasib, seperjuangan, dan sepenanggungan dalam mempertahankan hidup bangsa Indonesia, menyadarkan para pemimpin kelompok yang diberikan kekuasaan dari para anggotanya untuk membentuk sistem pemerintahan yang lebih luas. Anggota-anggota kelompok yang tersebut pun dengan sadar mengakui dan mendukung tata kehidupan kelompok yang berkembang menjadi tata kehidupan kelompok yang lebih besar, yaitu negara.

Berdasarkan paham integralistik, setiap unsur merasa berkewajiban untuk menciptakan keselamatan, kesejahteraan, dan kebahagiaan bersama. Lebih jelasnya adalah sebagai berikut.

a.   Negara merupakan suatu susunan masyarakat yang integral.
b.   Semua golongan bagian, bagian dari anggotanya berhubungan erat dan merupakan persatuan masyarakat yang organis.
c.   Perhimpunan bangsa merupakan hal terpenting dalam kehidupan bersama.
d.   Negara tidak memihak atau menjamin kepentingan golongan atau perseorangan.
e.   Negara tidak menganggap kepentingan seseorang menjadi pusat.
f.   Negara menjamin keselamatan hidup bangsa seluruhnya sebagai suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

Berdasarkan rangkaian tersebut dapat disimpulkan bahwa NKRI adalah bentuk negara yang tersiri dari banyak wilayah/kepulauan yang tersebar dengan keanekaragaman adat, suku, budaya dan keyakinan yang memiliki tujuan dasar menjadi bangsa yang merdeka, berdaulat, bersatu adil dan makmur dengan pemerintahan yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia serta mewujudkan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan melaksanakan ketertiban dunia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar