Selasa, 16 April 2013

Alat perkembangbiakan burung

Alat perkembangbiakan burung

Semua jenis burung termasuk hewan ovipar, artinya berkembang biak dengan cara bertelur. Burung betina menghasilkan sel telur yang dibuahi di dalam tubuhnya. Selanjutnya, zigot berkembang di luar tubuh induk menjadi hewan baru.
Alat-alat perkembangbiakan pada burung letaknya berdekatan dengan alat-alat ekskresi. Karena proses pembuahannya terjadi di dalam tubuh maka burung jantan memiliki slst khusus untuk memasukkan sperma kedalam tubuh hewan betina. Alat tersebut berupa tonjolan kloaka.

Alat-alat perkembangbiakan pada burung jantan terdiri atas sepasang testis, vas deferens, dan kloaka. Sperma dihasilkan di dalam testis yang dihubungkan dengan kloaka oleh vas deferens (saluran sperma). Letak saluran sperma berimpit dengan saluran dari kantong kemih. Kloaka merupakan muara dari saluran sperma, saluran dari kantong kemih, dan saluran dari pencernaan.

Alat perkembangbiakan pada burung betina terdiri atas sebuah ovarium, saluran telur dan kloaka. Sebenarnya burung memiliki sepasang ovarium (kanan dan kiri), namun saluran telur ovarium kanan tidak berkembang. Oleh karena itu, hanya sebuah ovarium yang berkembang dan bisa menghasilkan sel telur. Sel telur dilengkapi dengan kuning telur sebagai cadangan makanan untuk embrio sehingga ukurannya menjadi besar.

Sel telur burung dibungkus oleh cangkang telur yang mengandung zat kapur. Cangkang telur itu memiliki banyak pori yang memungkinkan masuknya udara ke dalam telur. Di sebelah dalam cangkang terdapat membram cangkang yang berbentuk rongga udara. Membram cangkang mengandung banyak pembuluh darah sebagai tempat terjadinya pertukaran gas oksigen dan karbon dioksida untuk pernapasan embrio.

Kamu juga bisa membaca

• Alat perkembangbiakan reptilia
Alat perkembangbiakan katak (amfibi)
• Alat perkembangbiakan ikan (pisces)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar