Jumat, 01 Februari 2013

Pentingnya demokrasi dalam bermasyarakat

Bermasyarakat adalah bagian dari berbangsa dan bernegara. Apa yang diterapkan pada kegiatan bermasyarakat dengan sendirinya mengikuti ketentuan dalam kegiatan berbangsa dan bernegara. Jika bangsa dan bernegara sudah memutuskan demokrasi sebagai sistem yang dianut, maka kegiatan bermasyarakat harus mengikutinya.

Pada masa lalu, sebelum kedatangannya masa reformasi, demokrasi diterapkan hanya sebatas slogan di atas kertas. Demokrasi hanya digembar-gemborkan, tetapi pelaksanaannya hampir sama sekali tidak ada karena yang terjadi pada kenyataannya adalah kesewenang-wenangan pemerintah terhadap rakyat. Kini keadaannya sudah berbeda.

Sebelum masa reformasi, masyarakat Indonesia benar-benar hidup dalam tekanan yang berat akibat tidak adanya reformasi. Pemerintahan negara berjalan secara otoriter. Kebebasan dan hak asasi kurang diakui dan dijamin. Masyarakat terus menerus berada dibawah tekanan dan pengawasan ketat, sementara pemerintahan otoriter yang seharusnya diawasi dan di koreksi masyarakat malah bebas dan leluasa untuk melakukan banyak hal di luar kewenangnya.

Begitulah yang terjadi jika kehidupan masyarakat jauh dari demokrasi. Masyarakat atau warga negara yang sesungguhnya pemegang kedaulatan negara seperti tidak hidup di negeri sendiri. Oleh sebab itu, sangat penting bahwa demokrasi harus dihadirkan dalam kehidupan bermasyarakat. Jika hal ini dapat diwujudkan, kehidupan masyarakat akan menjadi demokratis. Adapun kehidupan masyarakat yang demokratis akan membawa beberapa keuntungan sebagai berikut.

a. Masyarakat dapat hidup sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai manusia.

b. Masyarakat akan saling bertoleransi, menghargai, dan menghormati secara perbedaan.

c. Masyarakat dapat melaksanakan hak dan kewajibannya secara seimbang.

d. Masyarakat lebih kritis, aktif, dinamis, dan kreatif karena diberi kebebasan beraktivitas dan menyampaikan pendapat.

e. Masyarakat dapat menentukan pilihannya baik dalam bidang politik maupun dalam bidang lainnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar