Rabu, 09 Januari 2013

Pengertian sosialisasi menurut para ahli



         Menurut Wikipedia bahasa Indonesia, sosialisasi adalah sebuah proses penanaman atau transfer kebiasaan atau nilai dan aturan dari stau generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat. Sejumlah sosiolog menyebut sosialisasi sebagai teori mengenai peranan (role theory). Karena dalam proses sosialisasi diajarkan peran-peran yang harus diajarkan oleh individu.

Secara sederhana, sosialisasi merupakan suatu proses dimana seseorang mempelajari pola-pola hidup dalam masyarakat sesuai dengan nilai, norma dan kebiasaan yang berlaku untuk berkembang sebagai anggota masyarakat dan sebagai individu (pribadi). Manusia merupakan makhluk sosial sehingga sejak lahir memiliki hasrat sosial. Hasrat ini diantaranya adalah hasrat menyatu dengan masyarakat atau manusia lain yang berbeda di sekitarnya, hasrat menyatu dengan alam di sekitarnya.

Dalam arti luas, sosialisasi adalah proses pembelajaran masyarakat “menghantar” warganya kedalam kebudayaan. Sedangkan arti secara sempit, sosialisasi merupakan seperangkat kegiatan masyarakat , yang di dalamnya individu-individu belajar dan diajar memahirkan diri dalam peranan sosial sesuai dengan bakatnya.

Definisi sosialisasi yang dikemukakan oleh para ahli diantaranya adalah :

a.       Soerjono Soekanto
Sosialisasi adalah proses mengkomunikasikan kebudayaan kepada warga masyarakat yang baru.
b.      Koentjaraningrat
Proses sosialisasi adalah proses belajar yang dialami individu sejak masa kanak-kanak sampai masa tuanya. Ia belajar pola-pola tindakan dalam interaksi dengan segala macam individu sekeliling yang mengembangkan aneka peran sosial yang ada dalam kehidupan sehari-hari.
c.       Peter Berger
Sosialisasi merupakan suatu proses dimana seorang anak belajar menjadi seorang anggota yang berpartisipasi dalam masyarakat.
d.      Charlotte Buhler
Sosialisasi adalah proses yang membantu individu-individu belajar dan menyesuaikan diri, bagaimana cara hidup dan berpikir kelompoknya agar dia dapat berperan dan berfungsi dalam kelompoknya.
e.      Prof. Dr. Nasution, S.H.
Sosialisasi adalah proses membimbing individu ke dalam dunia sosial (sebagai warga masyarakat yang dewasa).
f.        Macionis
Sosialisasi merupakan pengalaman sosial sepanjang hidup yang memungkinkan seseorang mengembangkan potensi kemanusiaannya dan mempelajari pola-pola kebudayaan.
g.       Horton & Hunt
Sosialisasi merupakan proses dimana seseorang menginternalisasikan norma-norma kelompok tempat ia hidup, sehingga berkembang menjadi satu pribadi yang unik.
h.      Bruce J. Cohen
Sosialisasi adalah proses-proses manusia mempelajari tata cara kehidupan dalam masyarakat untuk memperoleh kepribadian dan membangun kapasitasnya agar dapat berfungsi dengan baik sebagai individu maupun sebagai anggota suatu kelompok.
i.         Giddens
Sosialisasi merupakan sebuah proses yang terjadi ketika seorang bayi yang lemah berkembang secara aktif melalui tahap demi tahap samapi akhirnya menjadi pribadi yang sadar akan dirinya sendiri, pribadi yang berpengetahuan dan terampil akan cara hidup dalam kebudayaannya tempat ia tinggal.
j.        Broom & Selznic
Sosialisasi adalah proses membangun atau menanamkan nilai-nilai kelompok pada diri sendiri.
k.       Ritcher Jr.
Sosialisasi adalah proses seseorang memperoleh pengetahuan , keterampilan, dan sikap yang diperlukannya agar dapat berfungsi sebagi orang dewasa dan sekaligus sebagai pemeran aktif daklam suatu kedudukan atau perana tertentu di masyarakatnya.
l.         Stewart
Sosialisasi merupakan proses orang memperoleh kepercayaan , nilai , sikap, dan kebiasaan dalam kebudayaannya.

Berdasarkan definisi-definisi tersebut dapat ditarik 4 hal pokok yang terdapat dalam sosialisasi

a.       Sosialisasi merupakan proses yang berlangsung hidup manusia.
b.      Di dalam sosialisasi terdapat saling pengaruh antara individu beserta potensi kemanusiaannya , dengan masyaraka beserta kebudayaannya.
c.       Melalui proses sosialisasi , individu menyerap pengetahuan , kepercayaan, nilai-nilai, norma-norma, sikap dan keterampilan-keterampilan dari kebudayaan masyarakatnya.
d.      Pada sosialisasi akan menghasilkan perkembangan kepribadian seseorang menjadi satu pribadi yang unik.                                                                                                 

2 komentar:

  1. Terima kasih banyak ya untuk postingannya yang sangat bermanfaat ini.
    Saya izin copast untuk tugas. Terima kasih :)

    BalasHapus