Senin, 29 Oktober 2012

Bahaya listrik statis



       Selain bermanfaat, listrik statis juga merugikan bagi kehidupan manusia. Bahaya listrik statis adalah :

   a.   Petir

Petir disebabkan awan besar yang bermuatan listrik negative yang sangat kuat. Apabila awan yang kelebihan electron berada diatas atap sebuah gedung , maka gedung terinduksi menjadi bermuatan positif. Loncatan electron terjadi dari awan kea tap gedung karena adanya gaya tarik menarik antara keduanya. Peristiwa ini menyebabkan gedung disambar petir. Untuk menghindari sambaran petir , atap gedung dilengkapi dengan penangkal petir.
Prinsip kerja penangkal petir memanfaatkan sifat-sifat muatan listrik yang dapat terkumpul pada bagian yang lancip. Penangkal petir biasanya berupa tonggak yang dipasang paku-paku runcing terbuat dari tembaga diletakkan pada bagian atap gedung dan salah satu ujungnya dihubungkan dengan lempeng logam yang ditanam didalam tanah.

Penangkal petir melindungi gedung dari sambaran petir melalui dua cara berikut :

1.     Loncatan electron dari awan mengalir melalui penangkal petir dan masuk ke dalam tanah. Ingat ! bumi dapat menampung electron dalam jumlah tak terbatas.
2.    Jika molekul-molekul udara bermuatan listrik positif berkumpul di sekitar ujung runcing pada penangkal petir mengalir ke luar, maka muatan listrik induksi pada atap berkurang dan sebagian muatan negative pada awan menjadi netral sehingga kemungkinan sambaran kecil diperkecil.                            

   b.   Percikan api

Seringkali benda menjadi berbahaya ketika bermuatan listrik. Putaran ban pada saat mobil truk berjalan menghasilkan muatan negative yang diperoleh dari gesekan ban dengan jalan. Bagian badan logam mobil yang berdekatan dengan ban menjadi bermuatan positif dengan cara induksi. Hal ini dapat menimbulkan percikan api. Percikan api ini dapat membakar muatan mobil yang mudah terbakar seperti bensin. Untuk menghindari peristiwa tersebut, truk pengangkut bensin atau bahan yang mudah terbakar lainnya dilengkapi dengan sepotong logam di bagian belakang mobil yang menyentuh tanah. Logam ini menghantarkan electron dari tanah untuk menetralisir muatan positif yang ada di badan logam mobil sebelum terjadi percikan api.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar