Jumat, 16 November 2012

Hasil akulturasi budaya islam dengan budaya indonesia

Macam-macam contoh akulturasi tersebut adalah :


    a.   Seni bangunan

1)   Masjid
Memiliki ciri-ciri yaitu,
a.     Atap yang berupa segitiga yang berjumlah 3 atau 5 yang pada puncaknya dilengkapi dengan mustoko.
b.     Menara yang merupakan kesatuan bangunan masjid islam yang menjadi tambahan. Menara ini berfungsi sebagai tempat adzan.
c.     Letak masjid selalu berdekatan dengan alun-alun dan istana.
d.     Memiliki denah berbentuk bujur sangkar ditambah dengan lantai yang berbentuk punden berundak dan dilengkapi serambi di depan maupun disamping.

Contoh masjid yang merupakan hasil akulturasi budaya islam dengan budaya setempat adalah :

a)    Masjid Demak.
b)    Masjid Agung Cirebon.
c)    Masjid Agung Banten.

2)   Makam
Bangunan makam ini dilengkapi dengan kijing dan cungkup atau kubah yang bertujuan untuk menghormati roh-roh orang yang dikuburkan. Kompleks bangunan makam selalu menjadi satu dengan mesjid serta dikelilingi oleh tembok dan memiliki gapura.

Contoh makam kuno antara lain :

a)    Makam Sendang Duwur.
b)    Makam Malikul Saleh.
c)    Cungkup Makam Putri Suwari di Leran.
d)    Makam Syeh Maulana Malik Ibrahim.

    b.   Aksara dan seni rupa

1)   Seni Kaligrafi
Penulisan huruf arab dalam seni kaligrafi dipadukan dengan seni Jawa sehingga huruf Arab dipadukan dengan huruf Jawa Kuno. Seni kaligrafi digunakan sebagai hiasan pada nisan makam, dinding rumah, pintu, keramik, dan ukiran Jepara.

2)   Seni sastra
Seni sastra islam di Jawa yang muncul antara lain berupa hikayat, dongeng, dan babad yang merupakan ceritera rakyat yang berisi persebaran agama Islam.
Disamping itu, muncul juga kitab-kitab seperti :
a)    Kitab Primbon, yang berisi ramalan-ramalan dan penentuan hari baik berdasarkan peruntungan kalender Jawa.
b)    Kitab Suluk, yang berisi ajaran-ajaran agama islam. Contoh, Suluk Sukarsa, Suluk Wujil, dan Suluk Malang Sumirang.
c)    Syair, yang berisi untaian kata-kata indah yang memiliki makna tentang ajaran Islam, contohnya : Syair Perahu dan Si Burung Pinjai.

    c.   Filsafat dan Ajaran Islam
1)     Tasawuf yang berisi ajaran dan aliran agama Islam.
2)    Qalam adalah ajaran pokok agama islam yang berisi pelajaran tentang keesahan Tuhan yang menjadi dasar kepercayaan (iman) mutlak bagi umat islam.
3)    Fikih (Fiqh) adalah bagian pokok agama islam yang mengatur kehidupan mayarakat Islam, baik secara lahir maupun secara batin.

    d.   Sistem penanggalan atau kalender
     Adanya sistem penanggalan Qamariah (islam) dengan perhitungan Jawa sehingga sering disebut kalender Islam Kejawen.

    e.   Sistem pertunjukan
1)     Permainan debus merupakan suatu jenis permainan yang disertai acrobat yang berbahaya seperti menusuk tubuh tetapi tidak terluka.
2)    Tari seudati merupakan tarian khas Aceh. Ciri khas tarian ini adalah diiringi lagu tertentu yang berupa Shalawat Nabi Muhammad saw.
3)    Seni gamelan merupakan pertunjukan music yang dilakukan untuk mengiringi upacara-upacara keagamaan seperti, Sekaten dan Grebeg Maulid.

    f.   Sistem Pemerintahan
     Pada zaman hindu, pusat kekuasaan adalah raja sehingga raja dianggap sebagai titisan dewa. Oleh karena itu muncul kultus “dewa raja”. Apa yang dikatakan oleh raja adalah benar. Demikian juga pada zaman islam, pola tersebut masih berlaku hanya dengan corak baru. Raja tetap sebagai penguasa tunggal tetapi dianggap sebagai Khalifah, segala perintahnya harus dituruti.

                                                                 

2 komentar: